Headline News

Tips Sukses dengan 7 Langkah

bukan Majalah Basi - Kata sukses merupakan impian setiap orang. Kata sukses sendiri menurut kamus besar bahasa  Indonesia (KBBI) berarti berhasil, dengan demikian sukses adalah sebuah keberhasilan yang dicapai seseorang dalam meraih tujuannya.
Lalu bagaimana sesorang dapat memperoleh kesuksesan yang dinginkan sementara yang lain mengalami gagal/tidak sukses dalam mencapai tujuan?
Keberhasilan seseorang tidaklah didapat secara kebetulan, akan tetapi sebuah keberhasilan harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh, oleh karena itu setiap orang yang sukses juga pernah mengalami kegagalan atau jatuh bangun dalam usahanya mencapai keberhasilan.
Rujukan pengetahuan atau litelatur yang membahas bagaimana cara memperoleh suatu kesuksesan sudah banyak di kupas dalam berbagai buku dan e-book. Biasanya hal ini lahir dari ulasan yang disampaikan oleh para motivator, seperti sebut saja Tung Desem Waringin, Mario Teguh, Brian Tracy dan lain-lain.

 7 langkah

7 langkah tersebut adalah :

  1. Langkah pertama : 
    • Tentukan pilihan sukses anda. Apakah itu seorang pelajar yang ingin menggapai cita-cita menjadi seorang Presiden, menjadi Menteri atau menjadi pengusaha besar. Apakah juga ia seorang pengusaha yang sedang mengejar kenaikan omzet, apakah itu seorang bintang film sekalipun yang ingin menjadi bintang termahal dan mendapat piala Oscar dan banyak lagi pilihan orang-orang tentang mimpinya, untuk itu tentukan mulai dari sekarang ingin menjadi apa anda dikemudian hari? 
  2. Langkah kedua : 
    • Tuliskan Pilihan tersebut. Segera tuangkan dalam secarik kertas dan tuliskan apa yang menjadi pilhan anda. Tempel dikamar pribadi, di android, di dalam tas dimana setiap aktifitas anda akan menemukan tulisan tersebut, sehingga anda akan terus diingatkan dengan niat anda dan menjadikan anda seseorang yang konsekuen terhadap pilihan hidup anda sendiri.
  3. Langkah ketiga : 
    • Tentukan Batas waktunya. Kapan anda harus mencapai keberhasilan dari usaha anda tersebut, sebagai contoh seorang pelajar yang ingin menjadi Pilot atau penerbang, jika ia adalah murid sekolah SMP maka target dapat dipastikan beberapa tahun kedepan, jika ia kelas 3 maka ia akan menghitung 3 tahun lagi menyelesaikan SMA kemudian jenjang pendidikan Pilot di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug 2 tahun, ini berarti 5 tahun kedepan ia sudah harus menjadi seorang Pilot Handal.
  4. Langkah keempat :
    • Buatlah daftar untuk mencapai tujuan tersebut. Daftar yang berisi setiap kebutuhan, baik kebutuhan waktu, kebutuhan biaya, kebutuhan fisik, kebutuhan mental intelektual dan lain-lain dengan sangat terperinci. Jika kebutuhan menjadi seorang Pilot adalah dengan sekolah di STPI Curug dengan biaya Rp. 100 juta (real biaya STPI Curug Rp. 500 juta, akan tetapi pemerintah memberi subsidi Rp. 400 juta untuk setiap calon pilot), kemudian juga bagaimana anda mempersiapkan fisik agar sehat jasmani dan rohani.
  5. Langkah kelima :
    • Buat Perencanaan. Jika anda harus mengeluarkan biaya Rp.100 juta dikemudian hari untuk biaya sekolah, rincikan bagaimana anda bisa atau dapat memperoleh jumlah uang sebesar itu, misalnya dengan cara menabung mulai sekatang, kemudian jika kekurangan biaya masih banyak bagaimana lagi anda harus merencanakan perolehannya, dengan ikut asuransikah? haruskah memakai pinjaman modal dari Bank? Kemudian bagaimana anda mempersiapkan jasmani dan rohani? Apakah membiasakan hidup sehat mulai dari sekarang, atau harus ikut pusat kebugaran? Lalu bagaimana dengan waktu? apakah dengan rentang waktu yang kita punya masih bisa disokong oleh kemampuan financial orang tua atau anda harus berupaya sendiri?
  6. Langkah keenam : 
    • Laksanakan Rencana yang sudah dibuat. Setiap detil perencanaan dari langkah kelima diatas anda harus konsekuen dan menjalankan secara rinci, sehingga jika ada kesalahan sedikit saja akan segera kita ketahui dan akan lebih mudah untuk mencoba mengganti dengan solusi alternatif lainnya, semacam plan A plan B, jika plan A tidak berhasil segera lakukan plan B agar setiap kehilangan waktu dapat diminimalisir.
  7. Langkah ketujuh :
    • Lakukan setiap hari. Dengan melakukan setiap secara konsekuen diharapkan anda dapat segera memperbaiki kesalahan perencanaan yang sudah dibuat dan sedang dijalankan, sehingga setiap hari akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Dengan 7 langkah diatas diharapkan anda menjadi seorang pribadi yang sukses. Namun jika mencermati langkah-langkah tersebut maka kiat -kiat ini hanya akan berhasil bilamana seseorang mempunyai rentang waktu yang panjang untuk sampai ke jenjang sukses dengan kata lain ini adalah porsinya anak muda baru tumbuh sehingga mempunyai banyak waktu, akan tetapi jarang sekali ada seorang anak muda yang sudah memilih langkah karir kedepan disaat usia seperti itu. Ini hanya akan berhasil bilamana peran orang tua atau peran seorang panutan sangat besar atau totalitas sehingga dapat memotivasi anak tersebut. Sedangkan untuk yang memulai cita-cita kesuksesannya diusia dewasa akan merasa kesulitan menepati setiap detil catatan dan perencanaan jangka panjangnya tersebut. (dbs)


Brian Tracy yang lahir pada 5 January 1944 di Amerika Serikat adalah seorang Motivator, top Sales Trainer dan penulis buku yang sukses yang telah menulis lebih dari 60 buku yang diterbitkan dan ltelah membuat lebih dari 500 video tutorial tentang sales dan manajemen.

No comments:

Post a Comment

bukan Majalah Basi Designed by Templateism.com Copyright © 2015

bukan Majalah Basi| ABOUT |

bukan Majalah Basi| KONTAK

| PRIVACY POLICY |

DISCLAIMER

| ToS |

Sitemap |

Powered by Blogger.